Salah Satu Tempat Wisata Menarik di Papua Yang Belum Terekspos Publik


pantai Tablanusu adalah sebuah pantai eksotis dengan kerikil di garis pantainya. terletak di kabupaten Jayapura, Papua. Berjarak sekitar 60 km dari Kota Jayapura atau 2 jam perjalanan dengan mengendarai mobil.

Desa Tablanusu merupakan salah satu destinasi wisata lengkap yang berada di Desa Tablanusu, Kecamatan Depapre, Kabupaten Jayapura, Provinsi Papua. Kata 'Tablanusu' sendiri diambil dari 2 kata menyatu, Tepara yang berarti salah satu suku asli yang ada di sana dan Onusu yang berarti terbenamnya matahari. Lokasi ini merupakan salah satu tujuan favorit di Papua dan selalu ramai dikunjungi oleh banyak wisatawan pada akhir pekan. Alamnya yang damai, lokasi yang nyaman, pemandangan indah dengan air jernih dan ombak yang tenang, dan juga keramahan masyarakat setempat akan menyambut Anda begitu Anda berada di Desa Tablanusu.

Baca Juga : Pembangunan Jembatan di Papua Berstandar Nasional Yang Menjadi Kebanggaan Jokowi

Ada banyak tempat yang bisa Anda temukan di Tablanusu. Anda bisa berwisata di hutan dengan berjalan kaki melalui beberapa titik awal sekitar Tablanusu bersama dengan orang-orang lokal. Bagi Anda yang menyukai wisata sejarah, Anda bisa melihat sisa-sisa tentara sekutu dari masa Perang Dunia II. Menurut sejarah, Desa Tablanusu merupakan salah satu basis tentara sekutu di sisi timur Indonesia. Ada juga kuburan dekat gereja yang diyakini sebagai salah satu tokoh penting dan juga orang yang membangun gereja.

Ada banyak prasasti berbentuk salib yang bisa Anda temukan di desa ini yang menurut orang-orang lokal, prasasti tersebut dibuat untuk menghormati masuk Agama Kristen ke Desa Tablanusu pada awal tahun 1990an. Bagi Anda yang menyukai wisata alam, Anda bisa mengadakan wisata keliling dengan trekking melalui beberapa titik awal seputar Tablanusu yang didampingi oleh masyarakat setempat. Di hutan, Anda akan senang dengan berbagai jenis hewan endemik dan tumbuhan tumbuh secara alami. Ada juga danau yang ditinggali banyak makhluk air tawar seperti ikan emas, mujair dan bandeng. Selain itu, Anda juga bisa menemukan pantai tak jauh dari desa,  tempat dimana Anda bisa snorkeling dan menyelam dengan nyaman.

Baca Juga : Cendrawasih Hampir Punah, Perda Masih Dalam Perjalanan
Terdapat dua pulau kecil di dekat desa yang direkomendasikan untuk dikunjungi jika Anda berada di Tablanusu. Hanya butuh beberapa menit untuk sampai ke pulau-pulau kecil itu. Di pulau-pulau ini, Anda bisa menemukan anggrek endemik Papua tumbuh dengan indah. Anda juga bisa menyaksikan pemandangan indah dari dua pulau kecil ini.

Di desa ini, ada beberapa upacara budaya Tablanusu yang bisa Anda saksikan seperti ritual Sasi dan Tiyatiki yang diadakan setiap tahun atau sekali dalam dua tahun. Upacara sasi merupakan upacara memasukkan suang teko (cabang kayu besi pantai) ke lokasi dimana terdapat banyak ikan yang ditemukan, terutama di daerah terumbu karang. Tiyatiki adalah ritual untuk melarang penangkapan ikan untuk durasi yang disepakati.
Hal unik lain dari Tablanusu adalah bahwa hampir semua bagian dari desa seluas 230 hektar ini ditutupi oleh batuan alam yang kecil dan hitam, sehingga bisa terdengar jika Anda berjalan di atasnya. Tapi bagi masyarakat setempat, mereka memiliki trik untuk tidak menghasilkan suara sambil berjalan di atasnya. Hal ini membuat lebih mudah untuk mengenali pendatang baru dengan mendengar suara gesekan yang dibuat oleh batuan tersebut. Anda tidak hanya bisa menemukan keindahan alam, eksotisme tradisi, keunikan desa dan keramahan masyarakatnya, namun juga banyak fasilitas yang bisa didapat wisatawan. Jika Anda ingin menginap, Anda bisa menyewa rumah penduduk setempat yang dengan senang hati akan menyambut Anda di Desa Tablanusu.

Baca Juga : Kepulauan Raja Ampat, Objek Wisata Menarik di Papua
Menuju Lokasi
Untuk sampai ke desa Tablanusu, Anda bisa berangkat dari Jayapura menuju Sentani yang terletak 33 km. Saat Anda tiba di Sentani, perjalanan Anda terus menggunakan kendaraan umum atau mobil sewaan ke Pelabuhan Depapre selama sekitar dua jam. Dari pelabuhan, Anda perlu menggunakan perahu bermotor menuju Desa Tablanusa sekitar 20 menit. Kemudian Anda harus terus berjalan kaki ke Desa Tablanusu.

Baca Juga : Kemenristekdikti Sediakan 1100 Beasiswa Bagi Papua


By. Kevin Billy

Komentar

Postingan Populer