Beberapa Tempat Wisata Yang Mempesona Di Nabire, Papua

Kwatisore

sumber gambar: http://dagelanfamily.com

















Ingin berenang di laut lepas bersama ikan hiu paus dan whale shark atau hiu totol? Datang saja ke Kwatisore. Di sini, Anda akan merasakan sensasi yang tidak akan di jumpai di objek wisata lain, yaitu melihat ikan-ikan hiu yang bobotnya hingga 6 ton menggesek-gesekkan tubuhnya pada badan perahu nelayan, bahkan menemani Anda berenang mengarungi lautan.
Banyaknya ikan hiu di perairan Kwatisore karena kawasan ini merupakan bagian dari Taman Nasional Teluk Cenderawasih. Binatang-binatang laut tersebut terkesan begitu akrab dengan nelayan dan wisatawan, karena kehidupan mereka selama ini memang dilindungi sehingga kehadiran manusia di dekat mereka, tidak membuat ikan-ikan tersebut merasa takut. 

Pantai Pulau Ahe

sumber gambar: https://www.dihaimoma.com
















Selain aman, nyaman, tenang dan masih alami, kawasan Pantai Pulau Ahe menghadirkan pesona alam yang luar, baik di daratan yang luasnya sekitar 400 meter2 maupun di kawasan pantai. Begitu juga dengan alam bawah lautnya yang berhias berbagai jenis terumbu karang dan biota laut.
Penduduk setempat yang memiliki kesadaran akan wisata, senantiasa menyambut ramah para pengunjung dengan mempertontonkan berbagai atraksi seni budaya tradisional. Di sini juga dapat dijumpai bangkai pesawat terbang milik Sekutu yang merupakan sisa-sisa Perang Dunia II.

Pantai Gedo

sumber gambar: https://placesmap.ne
















Terletak di Desa Sanobe, Wahario yang jaraknya sekitar 10 km di sebelah Timur Kota Nabire, Pantai Gedo memiliki daya pikat tersendiri bagi para wisawatan karena memadukan kawasan perairan dengan warna air lautnya yang biru serta kawasan pantai dengan hamparan pasirnya yang berwarna putih bersih.

Baca Juga : Kepulauan Raja Ampat, Objek Wisata Menarik di Papua

Pantai ini sudah dikelola secara profesional, terlihat dari banyaknya sarana pendukung seperti kamar mandi dan toilet, warung dan kios-kios, area parkir, taman bermain untuk anak-anak, pemandian dan berbagai wahana penunjang lainnya.
Pantai Nomalisa

sumber gambar: https://www.dihaimoma.com

Hamparan pasir putih yang dikelilingi pepohonan rimbun di sekelilingnya  menjadi daya tarik tersendiri dari Pantai  Nomalisa. Terlebih berbagai fasilitas pendukung juga telah disiapkan bagi para wisatawan. Menjadikan objek wisata yang belum lama dikelola secara profesional ini, senantiasa ramai oleh pengunjung.
Terletak di Desa Samabusa, Distrik Siriwini, jarak Pantai Nomalisa hanya sekitar 8 km dari Pusat Kota Nabire. Akses yang harus dilewati juga relatif mudah, karena tersedia cukup banyak angkutan umum dari berbagai jenis. Tidak heran jika pantai ini menjadi objek wisata favorit masyarakat Nabire. 

Pantai MAF

















Disebut Pantai MAF karena lokasi pantai berada tidak jauh dari Bandara Nabire atau Bandara MAF (Mission Aviation Fellowship). Sehingga tempat wisata yang pertama kali dijumpai para wisatawan dari luar pulau adalah pantai ini. Karena itulah Pantai MAF selalu ramai oleh pengunjung, baik para wisatawan yang baru keluar dari bandara maupun masyarakat setempat.
Pada umumnya masyarakat setempat berkunjung ke pantai ini pada sore hari. Sembari jalan-jalan, mereka menunggu momen matahari tenggelam. Karena sunset yang dilihat dari Pantai MAF menghadirkan keindahan yang luar biasa.
Pantai Nusi

sumber gambar: https://www.triptrus.com

Pantai ini berada di Distrik Makimi ujung Timur Nabire yang jaraknya dari pusat Kota Nabire sekitar 30 km. Berbeda dengan pantai lainnya yang ada di Papua, Pantai Nusi berhiaskan pasir hitam. Meski demikian, tidak mengurangi keindahan dan daya tariknya.

Selain keindahan alam yang menyelimuti, Pantai Nusi juga memiliki alam bawah laut yang memukau. Beragam jenis terumbu karang, rumput laut, ikan dan biota laut lainnya, bakal memanjakan mata para wisatawan yang melakukan aktifitas diving dan snorkeling.

Taman Nasional Teluk Cendrawasih

sumber gambar: https://www.idntimes.com
























Inilah tempat menyelam terbaik sekaligus Taman Nasional terbesar di Indonesia.  Dengan luas area sekitar 1.453.500 hektar yang terdiri atas hutan tropika, hutan mangrove dan terumbu karang, Taman Nasional Teluk Cendrawasih  dihuni oleh 150 spesies dari 15 family dan 290 jenis ikan.

Selain beragamnya satwa yang menghuni kawasan Taman Nasional ini, daya tarik dari Teluk Cendrawasih adalah  adanya sejumlah hewan langka dan dilindungi yang menjadikan Taman Nasional ini sebagai habitat hidup mereka.
Beberapa hewan langka tersebut diantaranya adalah Hiu Paus (Whaleshark) yang merupakan hewan terbesar di dunia, Penyu Riddle Pasific, Penyu Hijau, Penyu Sisik, Penyu Belimbing, dan beberapa jenis hewan langka yang lain.
Demikian beberapa tempat wisata yang wajib dimasukkan ke dalam daftar kunjungan saat melakukan trip ke Kabupaten Nabire, Papua.

Baca Juga : Cendera Wasih Hampir Punah, PERDA Masih 'Dalam Perjalanan'
sumber : https://wisato.id/wisata-alam/10-tempat-wisata-yang-mempesona-di-nabire-papua/

Komentar

Postingan Populer