Cendrawasih Hampir Punah, Perda Masih ‘Dalam Perjalanan’

Papua – Burung Cenderawasih yang khas dan identik dengan tanah Papua kini perlahan mulai punah oleh tangan-tangan manusia yang tidak bertanggung jawab dan ‘buta’ akan keindahan alam disekitarnya.
Hal ini membuat Gubernur Provinsi Papua, Lukas Enembe, tengah mewacanakan untuk memiliki peraturan daerah (Perda) khusus untuk melindungi Burung Cenderawasih yang sudah masuk dalam kategori dilindungi dan banyak dicari oleh kolektor benda-benda langka tersebut.

Baca Juga : Kemenristekdikti Sediakan 1100 Kuota Beasiswa Bagi Papua
    “Saya sudah perintahkan untuk membuat perda untuk melindungi Burung Cenderawasih. Jadi tidak lagi kita memberikan cinderamata yang asli tapi yang replikanya yang akan kita serahkan” kata Gubernur seperti dilansir via Antara.
    Gubernur Lukas Enembe juga mengakui bahwa dirinya sudah sejak lama memerintahkan jajarannya untuk segera menyusun aturan tersebut karena banyak burung yang merupakan endemik asli dari Papua yang telah dijadikan cinderamata bagi para tamu yang berkunjung ke Papua.

    Baca Juga : Baca Juga Kepulauan Raja Ampat, Objek Wisata Menarik di Papua.
    “Saya sudah lama perintahkan ini (pembuatan Perda untuk melindungi Endemik asli Papua), Perda ini sedang disiapkan” tambah Gubernur.
    Untuk kepastian perealisasian Perda tersebut hingga kini belum menemui kata ‘Pasti’ karena seperti yang sudah disampaikan oleh Gubernur sendiri bahwa untuk saat ini Perda perlindungan Burung Cenderawasih masih dalam tahap penyusunan.

    Komentar

    Postingan Populer